TAK KENAL MAKA KENALAN YUK!

by - Agustus 20, 2024

 Assalaamu'alaikum!




Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam, para pengunjung blog ini! Semoga selalu sehat di mana pun kalian berada! Ada yang kangen saya, tidak? Kok narsis sekali ya! Hehehe. Buat teman-teman yang pernah berkunjung atau berteman lama di blog maupun Instagram saya sejak tahun 2016-2017, rasnaya kaget bila saya memutuskan untuk menulis blog lagi karena saya vakum selama hampir 4 tahun lamanya, itupun postingan terakhir saya adalah konten endorsement sebuah produk perawatan badan hits. Kira-kira apakah ada yang rindu tulisan saya? Hmmm, mungkin hanya salah satu sahabat saya, Kak Ros, yang bakal senang bila saya aktif menulis blog lagi. Kalau ada yang kangen tulisan saya, komen di kolom komentar ya! Bagi kalian pengunjung baru atau yang mungkin belum kenal saya, mari berkenalan!

Perkenalkan, saya Damar Gumilar. Saya berusia 29 tahun (wow hampir kepala 3!). Saya adalah seorang dokter umum di salah satu rumah sakit di kota kecil tercinta, Lumajang, Jawa Timur. Salah satu hobi saya adalah menulis dan membaca buku. Sebenarnya saya aktif menulis blog sejak tahun 2016, tapi saya memutuskan untuk vakum sementara sekitar tahun 2019 karena saat itu saya harus fokus untuk persiapan menghadapi UKMPPD (ujian nasionalnya dokter agar lulus menjadi dokter umum) walaupun sempat menulis konten endorsement tahun 2021. Pada tahun 2024 ini, saya ingin memulai lagi untuk menulis di blog.


Baca juga : TMI tag about ME!


Mengapa Menulis Blog?

Sederhana saja, RINDU MENULIS! Saya rindu memainkan untaian kata-kata menjadi kalimat lalu paragraf di internet dengan ketikan keyboard yang dulu saya rajin lakukan setiap pekan (rasanya) tahun 2016-2018. Sebenarnya ide ini tercetus awal 2024, namun entah mengapa saya baru kepikiran mulai menulis sekarang ini. Ah, rasanya kangen juga kembali ke masa rajin menulis blog. Saya masih ingat hambatan, suka, serta duka ketika menulis blog di tahun 2016-2019. Orang tua tidak setuju saya menulis blog karena statsu saya masih co-ass jadi saya harus konsentrasi penuh dengan masa klinik pendidikan dokter, curhat tentang mantan yang pernah kutulis di blog, berkenalan dengan beberapa teman skincare enthusiast yang malahan kenal gara-gara postingan ulasan produk perawatan wajah di blog, pernah menulis beberapa konten endorsement di blog, hingga cerita saya selama menjalani masa co-ass yang penuh 'roller coaster'. Omong-omong, saya juga sering iseng melihat postingan-postingan blog saya dari awal menulis. Wow, saya merasa waktu begitu cepat ya! Pertama kali menulis 8 tahun lalu kemudian mulai berusaha rajin menulis lagi di usia 'senja' ini, hihihi. Postingan demi postingan saya lihat, ternyata lucu juga ya kalau diingat lagi tentang kenangan masa lalu pertemanan, percintaan, dan perjuangan. 

Alhamdulillah, dengan posisi saya yang bekerja dan belum ada rencana untuk melanjutka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, saya ingin memulai menulis blog lagi, walaupun tidak bisa rajin seperti dulu karena 'faktor usia' dan kesibukan yang harus membagi waktu antara mengerjakan konten blog dengan pekerjaan sebagai dokter. Doakan saya ya!


Maaf ya, kualitas fotonya sangat jelek karena foto ini diambil dengan kamera ponsel kualitas VGA pada tahun 2010-an, hehehe

Blog vs Sosial Media

Jauh sebelum era sosial media seperti Facebook, Instagram dan TikTok, bisa dibilang blog merupakan 'awal mula' sarana untuk mengekspresikan diri dalam bentuk audiovisual maupun tulisan. Sama halnya dengan sosial media, dengan blog kita bisa mengisi cerita, bisa berupa catatan harian ataupun menyampaikan informasi (Inshaa Allah) berguna bagi pembacanya. Orang-orang menulis blog untuk mengisi waktu luang. Perbedaan blog dibanding sosial media lainnya adalah kita bisa menulis sepuasnya, sedangkan sosial media dibatasi oleh beberapa karakter saja (seringnya 1000-2000 karakter). Itu juga yang menjadi salah satu alasan saya untuk menulis blog lagi. Saya mengerti bahwa masyarakat Indonesia kurang suka membaca artikel yang panjang lebar karena (kebanyakan) kesannya bertele-tele, tidak to the point dibanding sosial media lain seperti Instagram dan TikTok. Namun, saya yakin bahwa blog memiliki 'tempat spesial' tersendiri bagi penulis atau kreator konten. Adakah teman-teman kreator konten yang mengawali karirnya dari menulis blog?

Saya juga tidak menutup diri dari sosial media yang sedang hits sekarang. Namun, bila ingin berkunjung, saya lebih aktif di Instagram. Silahkan di-follow dan mari kita berteman! Saya berharap dengan kembalinya saya memulai menulis blog ini, saya bisa berbagi yang baik untuk diri saya sendiri dan orang lain sehingga blog ini bisa berguna baik orang lain! Selamat menjelajahi dunia Damar Gumilar!


Wassalaamu'alaikum!   

You May Also Like

0 komentar